Call for Papers

SIMPOSIUM NASIONAL SAINS GEOINFORMASI 2015

  • Tema: Penguatan Peran Sains Informasi Geografis dalam Mendukung Penanganan Isyu-isyu Strategis Nasional

  • Yogyakarta, 25-26 November 2015

  • Auditorium Merapi, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada

    http://puspics.ugm.ac.id/sainsgeoinformasi2015/

  • http://www.simposiumgeoinformasi.tk/

    Pendahuluan

  • Pembangunan di Indonesia saat ini menjadi semakin kompleks dimensinya karena begitu banyak hal yang harus diperhatikan dan ditangani secara harmonis, dengan menekan seminimal mungkin konflik kepentingan antar-sektor. Di samping itu, dewasa ini kesadaran bahwa segala sesuatu yang terjadi di permukaan bumi atau dekat permukaan bumi sebenarnya selalu mempunyai dimensi spasial. Kebijakan satu peta (One Map Policy) yang telah dimulai sejak era pemerintahan terdahulu hingga sekarang tetap dipertahankan. Hal itu menunjukkan bahwa peta merupakan informasi yang sangat penting dalam pembangunan, serta perlu diharmonisasi untuk menghindari terjadinya tumpang-tindih informasi dan juga kesenjanganketersediaan data spasial antar-lembaga. Sementara itu, beberapa isyu strategis nasional pun secara implisit maupun eksplisit pun memerlukan informasi spasial agar dapat dirumuskan masalahnya dengan lebih tepat, efisien, dan dapat dicarikan solusinya secara tepat pula.

    Salah satu fokus untuk merespons isyu-isyu berkonteks spasial tersebut adalah melalui pengembangan sains dan teknologi yang relevan. Sains informasi geografis merupakan bidang kajian yang bertujuan untuk mendefinisikan kembali konsep-konsep geografi dan penggunaannya dalam konteks sistem informasi geografis (SIG). Sains Informasi geografis juga meneliti dampak SIG pada individu dan masyarakat, dan pengaruh masyarakat pada SIG. Sains Informasi Geografis mengkaji beberapa tema yang paling mendasar dalam bidang kajian spasial seperti misalnya geografi, kartografi, dan penginderaan jauh yang menggunakan SIG dalam analisisnya.

    Terkait dengan tantangan dalam penanganan isyu-isyu strategis nasional, simposium ini perlu membahas perkembangan sains informasi geografis di Indonesia, yaitu untuk mengetahui perkembangan terkini serta arah pengembangan konsep, metode dan teknik untuk mendukung penanganan isyu-isyu strategis nasional, seperti misalnya (a) perbatasan wilayah, (b) ketahanan dan kedaulatan pangan, (c) pengelolaan sumberdaya kelautan dan pesisir, (d) tata ruang, (e) pertahanan dan geointelijen, dan (f) pengembangan wilayah perdesaan.

    Call for Papers

    Simposium ini dilaksanakan untuk membahas perkembangan konsep , metode dan teknik pada topik-topik sains informasi geografis –baik dasar maupun terapan, serta upaya penguatan perannya secara nasional. Panitia simposium mengundang Anda untuk berpatisipasi dalam menyajikan makalah dan atau poster dengan memilih topik-topik berikut:

    1. Pengolahan citra digital penginderaan jauh
    2. Metode analisis dan pemodelan spasial
    3. Visualisasi kartografi
    4. Kartografi analitik
    5. Evaluasi lahan dan survei tanah
    6. Kajian vegetasi dan kehutanan
    7. Penutup dan penggunaan lahan
    8. Estimasi produksi pertanian dan Pertanian presisi
    9. Geografi kesehatan
    10. Tata ruang dan perencanaan wilayah
    11. Standardisasi informasi geospasial
    12. Pengembangan profesi bisa sains informasi geografis
    13. Kajian meteorologi dan klimatologi
    14. Survei kekotaan
    15. Akuisisi data penginderaan jauh (drone/UAV, spektrometri)
    16. Manajemen bencana
    17. Kurikulum sains informasi geografis
    18. Topik-topik lain yang terkait dengan aplikasi dan pengembangan konsep/metode/teknik spasialisasi informasi geografis.

    Abstrak Makalah atau Poster dapat dikirim melalui email: sainsgeoinformasi@gmail.com atau submit via web http://bit.do/abstrak.

    Tags: